Posted by : Ulul Albab LM Putra Saturday, April 19, 2014


Alun-alun Kota Bangkalan
Oleh: Al-fatih (Ulul albab0

Kamu tahu Pulau Madura nggak? Itu lho Pulau yang ada disebelah utaranya pulau jawa. Yang terkenal dengan Tanjung  Perak itu lho…….!!!
            Aku tinggal di pulau itu  tepatnya dikota paling Barat, namanya kota Bangkalan. Nah….aku biasanya ada disana, tepatnya dialun-alun kota. Biasa….cari bapak-bapak atau ibu-ibu yang pengen disemir sepatunya. Aku jadi tukang semir sepatu, buat cari duit. Kalau nggak, mau makan apa aku nanti?
Kalau kamu berkunjung kepulau madura coba saja keliling-keliling dialun-alun kota. Nanti kamu pasti ketemu aku. Aku biasanya bareng sama teman-temanku nongkrong disana
            Bagiku Bangkalan itu indah. Disana banyak tempat tempat wisata. Makanya pasti rame, dan aku yang untung, soalnya banyak sepatu yang bisa disemir, he…he…he…, oh ya…disana juga ada makam wali lho….! Namanya Syaikhona Kholil, tapi aku nggak berani jalan-jalan disana, takut ditangkep Polisi, soalnya aku pernah ketangkep, makanya aku takut….
            "siapa namamu?" Tanya pak polisi
            “nini pak..!" jawabku gemetaran
            "orang tuamu kemana, dan kamu tinggal dimana?" lanjut pak polisi yang kumisnya lebat.
            "bapak nggak tau dimana, dan nini tinggal dipejagan…!" kali ini aku benar-benar takut, abis pak polisinya melototin aku terus….
            Tapi nggak lama setelah itu aku di lepasin sama pak polisi yang yang nangkep nini. Segera saja nini pulang kepejagan, rumah khusus orang-orang kere. Nah bisanya bapak sudah ada dirumah, nama Bapak, Hasan. Tapi orang-orang memanggil Bapak Bang Has. Kalau Nini manggil Bapak.
            Nini nggak tau apa Nini punya ibu, waktu Nini Tanya ke bapak dimana Ibu Bapak bilang Ibu pergi.
            Bapakku hebat lho, orang-orang takut sama Bapak, Contohnya, Bapak suka malakin orang, tapi anehnya dikasih. Padahal orang yang Bapak palakin badannya gede, Nini kira kalau badan Bapak yang kurus kerempeng itu dihajar, pasti dech orang itu menang, herannya orang itu malah takut sama Bapak.
Nini juga biasanya dimintai uang sama Bapak, kalau Nini nggak ngasih kadang-kadang Bapak juga mukul Nini.
            "eh…nin duitnya mana?" Bapak membentak.
            "nini nggak punya uang pak!" jawabku pelan.
            "apa..?!!" Bapak marah "lu kecil-kecil sudah berani bohong, kemariin duitnya"
            "gak ada, Pak, Nini Cuma punya dua ribu" ucapku sambil mengeluarin duit dari kantong celana pendekku.
Bruk…..!!!
            Bunyi Nini jatuh, abis Bapak merampas duitnya sambil ngedorong Nini. Tapi itu masih mending, dari pada dipukul..?

***

Sebenarnya Bapak baik kok. Kadang- kadang Nini dikasih duit, dan pernah waktu itu Bapak mungkin banyak duit, Nini diajak makan di Cafe, tapi dasar Bapak. Lagi-lagi gak  bayar, malahan Bapak nodongin pisau ke kasirnya. Waktu keluar sih masih aman-aman aja. Tapi setelah sampai diteras Café, ternyata delapan satpam sudah siap-siap nangkep Bapak.
Akhirnya Bapak tiga Minggu di kurung. Aku pun senang, tenteram, nggak ada yang mukul atau pun mintain duit.
Pernah Nini dikasih upah dua puluh ribu sama Bapak yang Nini semir sepatunya, tapi sayang duitnya langsung diambil Bapak.
"wah…tumben lu banyak  duit, sini'in tuch duit Bapak pengen beli newport"
Aku nggak tau apa itu Newport?, cuman setelah Bapak minum Newport itu, Bapak muntah-muntah.
Oh iya….aku juga sering lho…dengar ceramah-ceramah Agama dan lihatin orang sholat. Soalnya aku juga sering nyari Bapak-Bapak yang mau disemir sepatunya di Masjid Agung Bangkalan. Masjid disebrang alun-alun. Disana, biasanya banyak Bapak-Bapak yang mau disemir.
Nach….dari lingkungan itu aku sering mendengar ceramah Agama, makanya kadang kalau ada orang yang sholat Nini juga ikut. Nggak tau apa yang dibaca, pokoknya ikut aja…hi..hi…hi…
Kalau Bapak, kayaknya nggak pernah sholat dech…Nini pernah Tanya: "pak, kenapa Bapak nggak mau sholat?"
"eh…Nini!!! Lu tau apa ? lagian buat apa Sholat?"
"ehm…" aku berfikir sejenak, lalu jawab gini "ya….biar muka Bapak bercahaya kayak Ustadz yang ada dimasjid Agung itu Pak"
"itu sich emang udah mukanya Bapak yang item. Udah lu gak usah mikirin itu, cari aja duit yang banyak. Rokok Bapak sudah mau habis nich, sono gih!" tandas Bapak nggak banyak basa-basi.


***

Tapi semuanya berubah setalah Bapak keluar dari penjara. Bapak lebih baik. nggak suka bentak-bentak Nini ataupun mukulin Nini. Pokoknya Bapak  nggak jahat  lagi sama Nini. Karena Nini penasaran, akhirnya Nini  Tanya sama Bapak.
            "Bapak sekarang lebih baik ya…?" tanyaku sambil tersenyum
            "masak sich Nin?" tanya Bapak malu-malu
"iya lho  pak!, Kok bisa sich, pak?"
Bapak diem sesaat, sunyi….banget. sampek-sampek detak jam pun kedengaran. Tapi kemudian Bapak bercerita setelah membuang nafas berat kayak ngelepasin berat gitu….
"waktu itu" Bapak mulai bercerita "ketika bapak keluar dari penjara bapak ketemu orang kaya yang menabrak pengemis. Bapak ngeliat dengan mata kepala bapak sendiri, pengemis itu terpelanting bersimbah darah"
Bapak berhenti bercerita membuat aku penasaran aja.
"terus.." kataku
"nama orang kaya itu Pak Budiman dan Bapak diminta untuk menganterin pengemis itu" Bapak melanjutkan. "Bapak mau-mau aja. Bahkan. Bapak juga ikut nganter Pak Budiman ke Rumah Sakit. Tapi sayang baru diperjalanan pengemis itu meninggal. Ada peristiwa yang membuat Bapak takut yaitu saat Bapak melihat langsung sakaratul maut pengemis itu, kayaknya sakit… banget sampek-sampek pengemis itu kejang-kejang. Apalagi Pak Budiman ngomong kayak gini. “sakaratul maut itu sangat sakit apalagi buat orang yang banyak dosanya”. Bapak ketakutan. benar-benar ketakuatan
Bapak Cuma cerita sampek itu aja dan Nini nggak nanya-nanya lagi.
Nach….segitu aja ya…cerita tentang bapak, Nini mau kerja dulu. Sekarang aja Nini udah pada ngumpul bareng temen-temen seprofesi he..he..Nini kerja dulu ya….
Eit..eit…
Tunggu dulu! Nini ngeliat Bapak disebrang jalan, kanyaknya Bapak nyariin Nini apalagi mukanya kanyak mau marah gitu.
Duch…apa bapak belum berubah ya…? Pasti kena pukul lagi.
            Ternyata benar bapak nyariin Nini,
Sekarang Bapak sudah ada dipintu alun-alun, sebentar lagi waktunya kena damprat.
Ach….aapes….
            "NINI…..!!!" panggil Bapak begitu dekat denganku.
            "i….iya pak.."
'SINI…!!!" perintahnya
Aku mendekat siap-siap buat dimarahin
"EH..lu kemana aja? , dari tadi pagi dicari-cari nggak ketemu. sekarang, CEPAT PULANG…!. Kita mau ngaji ke Pasuruan.. CEPAT!!!"

Lho…..???
……
……
……
Madura, 09112009

Dedicated to: Teman-teman ku
yang kurang beruntung

 di Bangkalan

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Friends

Waktu

Pengunjung

- Copyright © CATATAN ULUL ALBAB -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -